|
Pertanyaan Kelima
Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu? Pertanyaan
ini mungkin agak aneh dan bahkan dianggap sepele atau main-main saja.
Padahal ini merupakan salah satu pertanyaan serius yang perlu
dipikirkan, perlu diperhatikan, dan perlu dipertanyakan, karena
menyangkut ritual yang secara terus menerus atau continue dilakukan dan
diamalkan oleh hampir seluruh umat Kristiani di dunia. Melakukan
ritual ibadah wajib secara terus menerus tanpa dalil atau perintah dari
Allah, merupakan ibadah yang sia-sia. Padahal apa yang dilakukan itu
akan diminta pertanggung jawaban dihadap Allah. Oleh sebab itu wajarlah
jika kita tirtjau kembali, apakah yang kita lakukan selama ini
benar-benar punya dalil atau dasar yang kuat dari kitab suci kita,
ataukah itu hanya berasal dari perintah Inanusia biasa atau pendapat
para pemim¬pin agamanya, kemudian mewajibkan para pengikutnya untuk
melakukannya. Kalau hal seperti itu yang terjadi, kemudian di
ikuti oleh para pengikutnya, maka itu berarti yang kita ikuti adalah
ajaran manusia, bukan ajaran Allah. Contohnya, beribadah atau masuk
gereja pada hari Minggu, ternyata tidak ada satu dalilpun didalam
Alkitab yang menyuruh beribadah atau menjadikan hari Minggu sebagai hari
yang harus dipelihara, disucikan atau dikuduskan. Oleh sebab itu bagi
siapa saja yang bisa memberikan dalil yang tertulis dalam Alkitab bahwa
ada perintah dari Allah untuk mengkuduskan, mensucikan atau menjadikan
sebagai hari peristirahatan, <edited> Sebenarnya jika
benar-benar mengikuti firman Allah dalam Alkitab, maka hari peribadatan
itu ialah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu! Hari inilah (Sabat) yang ada
dalilnya dalam Alkitab, bahkan perintah untuk memelihara, menjaga dan
mengkuduskannya, jelas sekali ada tertulis didalam Alkitab itu sendiri.
Apalagi yang menulis perintah untuk mengkuduskan hari Sabat adalah Allah
itu sendiri, yang telah menoreh diatas kedua loh batu. Bahkan
kedua loh batu tersebut ditulis dengan jari tangan Allah sendiri, lalu
Dia sendiri yang menyerahkan kepada Nabi Musa as untuk disampaikan dan
diajarkan kepada kaumnya. Simak ayat frman Allah dalam Alkitab sebagai
berikut:
“Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh
hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya;
bertulis sebelah-menyebelah. Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan
tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu. "
(Ke132:15-16)
Sungguh ironis sekali,
ternyata perin¬tah Allah untuk menjaga, memelihara dan mengkuduskan hari
Sabat, ternyata dilang¬gar dan juga tidak dipatuhi lagi oleh hampir
semua umat Kristiani di dunia, kecuali sebagian kecil sekte Advent. Padahal
kalau kita baca dalam Alkitab, ternyata ada ancaman yang sungguh
mengerikan, yaitu ancaman hukuman mati bagi mereka yang tidak memelihara
dan yang melanggar kekudusan hari Sabat. Coba kita simak ancaman Allah
bagi yang tidak memelihara dan mengkususkan hari Sabat.
"Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: "Katakanlah kepada orang Israel,
demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab
itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu
mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, yang menguduskan kamu. Haruslah kamu
pelihara hari Sabat, sebab itulah hari kudus bagimu; siapa yang
melanggar kekudusan hari Sabat itu, pastilah ia dihukum mati, sebab
setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, orang itu harus
dilenyapkan dari antara bangsanya." (Ke131:12-14)
Yang
lebih menarik lagi yaitu, ternyata Yesus seumur hidupnya tidak pernah
mengkuduskan hari Minggu. Seumur hidupnya Yesus selalu mengkuduskan hari
Sabat dan setiap mengajar selalu pada hari Sabat. Yesus tidak pernah
satu kalipun menganjurkan untuk beribadah atau mengkuduskan hari Minggu.
Sekali lagi jika ada dalil dalam Alkitab Yesus atau Allah menyuruh
mengkuduskan hari Minggu, <edited>
Perhatikan hari apa yang Yesus kudus¬kan di dalam Alkitab, hari Sabtu atau hari Minggu? Lukas
4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut
kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu
berdiri hendak membaca dari Alkitab. Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Markus
6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang '
besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana
diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan
kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat
diadakan oleh tangan-Nya? Lukas 4:16 Ia (Yesus) datang ke
Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan¬Nya pada hari Sabat
la masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Al kitab. Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Lukas 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya. Lukas 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.
Masih
banyak ayat-ayat lainn-ya dimana Yesus memelihara dan mengkuduskan hari
Sabat, tapi dari 7 (tujuh) ayat tadi saja, sudah lebih dari cukup
memberikan bukti-bukti kepada kita bahwa sesungguhnya menurut Alkitab,
hari yang diperintahkan untuk di ibadati, dipelihara, dan dikudus¬kan
adalah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu !! Yesus tetap memelihara
dan mengkuduskan Sabat, sebab dia yakin bahwa apa yang Allah tetapkan
untuk berlaku kekal, tidak mungkin dibatalkan olehnya. Yesus sangat
yakin dengan janji Allah bagi yang memelihara hari Sabat. Mari kita renungkan janji Allah bagi yang memelihara dan mengkuduskan hari Sabat. "Apabila
engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu
pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari
kenikmatan", dan hari kudus Tuhan "hari yang mulia”; apabila engkau
menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak
mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan
bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi
puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi
makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut
Tuhan-lah yang mengatakannya. " (Yesaya 58:13-14)
Bukankah
ayat-ayat tersebut memberikan bukti bahwa sesungguhnya tidak ada satu
perintah di dalam Alkitab masuk geieja hari Minggu atau mengkuduskan
hari Minggu. Bahkan seumur hidup Yesus hanya beribadah pada hari Sabat
(Sabtu) bukan Minggu. Ternyata hari Minggu dikuduskan karena menurut
pendapat pemuka agamanya hari itu Yesus bangkit dari kuburnya Sekarang bagaimana dengan hari Minggu? Apakah ada perintah atau jaminan berkat bagi mereka yang mengkuduskan hari Minggu?
1. Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu. 2. Allah dan juga Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu. 3. Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari Minggu. 4. Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu. 5. Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah maupun Yesus. 6. Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada hari Minggu. 7. Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang melarang bekerja pada hari Minggu. 8. Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang memelihara hari Minggu. 9. Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani. 10. Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari perhentian. 11. Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari Minggu. 12.
Kata "Hari Minggu" bahkan tidak pernah muncul dalam Alkitab, kecuali
disebut "pekan pertama minggu itu", tapi bukan "Hari Minggu" dan hanya
sekali disebutkan yaitu pada Kis 20:7, itupun hanya pertemuan dimalam
hari, yaitu Sabtu malam. 13. Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah memelihara hari Minggu. 14. Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan Sabat jadi hari Minggu. 15.
Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa ada dua hari Sabat yang
dikuduskan dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu. 16. Tidak ada satupun perintah di dalam Alkitab yang menyuruh merayakan "hari kebangkitan" Yesus sebagai pengganti hari Sabat. 17. Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa "hari kebangkitan" Yesus harus dikuduskan seperti hari Sabat. 18. Seumur hidupnya, Yesus hanya ber¬ibadah pada hari Sabat 19. Tidak ada seorang nabipun di dalam Alkitab yang pernah menvuruh mengkuduskan hari Minggu. 20. Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari mulut atau bibir Yesus tentang hari Minggu dan lain-lain.
Berdasarkan
20 alasan tersebut, maka dapatlah dipastikan bahwa sesungguhnya tidak
ada satu dalilpun dalam Alkitab untuk mengkuduskan hari Minggu! Ternyata
hari Minggu hanyalah hari yang diperintahkan oleh pengemuka agama
Kristen hanya karena dianggap penting karena Yesus bangkit pada hari
Minggu. Padahal tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab itu yang
menyuruh mengkuduskan hari Minggu dan tidak ada janji Allah atau berkat
yang Allah janjikan bagi mereka yang memelihara dan yang mengkuduskan
hari Minggu, tidak ada!! Justru yang ada ialah ancaman Allah bagi mereka
yang tidak memelihara dan yang tidak mengkuduskan hari Sabat (Sabtu). Terkadang
ada sebagian umat Kristiani yang mengatakan, jika Sabat harus
dikuduskan, kenapa umat Islam tidak turut mengkuduskan hari Sabat? Jawabannya
tentu karena kami umat Islam punya hari tersendiri sebagai hari yang
diperintahkan untuk beribadah pada hari tersebut. Dan hal itu ada
dalilnya dalam Al Qur'an, yaitu pada Qs 62 Al Jumu`ah ayat 9 : Yaa
ayyuhal ladziina aamanuu idzaa nuudiya lish shalaati miy yaumil
jumu’ati fas’au ilaa dzikrillaahi wa dzarul bai’a dzaalikum khirul lakum
in kuntum ta`lamuun "Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk shalat pada hari Jum’at, maka hendaklah kamu bersegera
untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikianlah yang
lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui."
Hari Sabtu atau Sabat ada dalil di Alkitab. Hari Jum'at ada dalil dalam Al Qur`an. Hari Minggu, mana dalilnya???
TANGGAPAN :Pernah dibahas di mana-perintah-tuhan-untuk-beribadah-pada-hari-minggu-vt1176.html#p3619 saya kutip :
Quote:
SABAT ITU BERLAKU BAGI BANGSA ISRAEL EKSKLUSIF :* Keluaran 31:13 Katakanlah kepada orang Israel,
demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab
itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu
mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.
* Keluaran 31:16 Maka haruslah orang Israel memelihara hari Sabat, dengan merayakan sabat, turun-temurun, menjadi perjanjian kekal.Andai Sabat untuk semua bangsa, maka seyogianya Dia berfirman, "Maka haruslah SEGENAP BANGSA memelihara hari Sabat..." Umat
Kristiani tidak "menguduskan" hari Minggu seperti orang Yahudi
"menguduskan" hari Sabtu, melainkan beribadah pada hari Minggu sebagai "anamnêsis" (peringatan) tentang peristiwa Paskah (Kebangkitan Yesus Kristus). ----- Mengapa Bangsa Israel Menguduskan Hari Sabtu? Sebelum ke pokok permasalahannya, mari kita pahami 2 kata ini : "firman" ( 'DAVAR') Allah, dengan "perintah" ( "MITSVAH") : * Bilangan 15:31 LAI TB, sebab
ia telah memandang hina terhadap firman TUHAN dan merombak
perintah-Nya; pastilah orang itu dilenyapkan, kesalahannya akan tertimpa
atasnya.KJV, Because he hath
despised the word of the LORD, and hath broken his commandment, that
soul shall utterly be cut off; his iniquity shall be upon him.Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, כִּי דְבַר־יְהוָה בָּזָה וְאֶת־מִצְוָתֹו הֵפַר הִכָּרֵת תִּכָּרֵת הַנֶּפֶשׁ הַהִוא עֲוֹנָה בָהּ׃ ףTranslit, KI DEVAR-YEHOVAH (baca ADONAY) BAZAH VE'ET-MITSVATO HEFAR HIKARET TIKARET HANEFESY HAHIV' 'AVONAH VAHFirman
Allah diatas ditujukan langsung "kepada" bangsa Israel, namun ada
manfaatnya "bagi" saya sebagai orang Kristen. Anda tentu dapat
membedakan antara firman yang "langsung" kepada anda dengan firman yang
tidak langsung "bagi" Anda. Contoh lainnya : * Kejadian 8:16 LAI TB, Keluarlah dari bahtera itu, engkau bersama-sama dengan isterimu serta anak-anakmu dan isteri anak-anakmu;* Kejadian 12:1 Berfirmanlah
TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu
dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;"Apakah dua ayat yang saya kutip di atas merupakan firman Allah yang "langsung" ditujukan "kepada" Anda? ----- Tentang Sabat, Mari kita kaji ayat ini : * Keluaran 20:8LAI TB, Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: KJV, Remember the sabbath day, to keep it holy.Hebrew, זָכֹור אֶת־יֹום הַשַּׁבָּת לְקַדְּשֹׁו׃Translit, ZAKHOR 'ET-YOM HASYABAT LEKADESYOSayang
sekali, di era Perjanjian Baru, Yesus Kristus tidak pernah minta agar
para murid "ingat" akan Sabat, justru pesan mengingat dari Yesus Kristus
ini berbeda : * Matius 6:1 Ingatlah,
jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat
mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang
di surga.
* Matius 7:15 Waspadalah
terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti
domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
* Matius 16:6 Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."Di
era Perjanjian Lama, bukan hanya hari Sabat yang harus di"ingat" oleh
bangsa Israel, melainkan masih ada hal-hal lain yang harus di"ingat".
Perhatikan saja pola kata "ingat" dalam Keluaran 20:8 di atas: * Ulangan 7:18 maka janganlah engkau takut kepada mereka; ingatlah selalu apa yang dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap Firaun dan seluruh Mesir,
* Ulangan 24:9 Ingatlah apa yang dilakukan TUHAN, Allahmu, kepada Miryam pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir.
* Ulangan 25:17 Ingatlah apa yang dilakukan orang Amalek kepadamu pada waktu perjalananmu keluar dari Mesir;Kita pula kaji ayat-ayat ini : * Keluaran 20:9 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu,Di Mesir, bangsa Israel bekerja sebagai budak "tujuh" hari seminggu tanpa istirahat : * Keluaran 20:10 tetapi
hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan
sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan,
atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang
asing yang di tempat kediamanmu.
* Keluaran20:11 Sebab
enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala
isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN
memberkati hari Sabat dan menguduskannya.Sabat harus
diingat oleh segenap bangsa Israel, Alasan pertamanya adalah ayat 11 di
atas. Tetapi, masih ada alasan kedua mengapa bangsa Israel – bukan saya
-- harus mengingat dan menguduskan hari Sabtu, yaitu: * Ulangan 5:15 Sebab
haruslah kauingat, bahwa engkaupun dahulu budak di tanah Mesir dan
engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang
kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu,
memerintahkan engkau merayakan hari Sabat.Perhatikan ungkapan yang sama "itulah sebabnya" dalam Keluaran 20:11 dengan "itulah sebabnya" menurut Ulangan 5:15 di atas. Bangsa
Israel – bukan saya -- harus mengingat dan menguduskan hari Sabtu
dengan alasan persis seperti di atas yaitu bahwa mereka dahulu adalah
budak di Mesir dan mereka dikeluarkan dari sana oleh Allah. Saya tidak pernah menjadi budak di Mesir, Jadi mengapa saya harus menguduskan hari Sabtu? Tuduhan :
Quote:
Perhatikan hari apa yang Yesus kuduskan di dalam Alkitab, hari Sabtu atau hari Minggu?
Lukas
4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut
kebiasaan-Nya pada hari Sabat (Sabtu) la masuk ke rumah ibadat, lalu
berdiri hendak membaca dari Alkitab.
Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.
Markus
6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang '
besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana
diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan
kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat
diadakan oleh tangan-Nya?
Lukas 4:16 Ia (Yesus) datang ke Nazaret
tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaanNya pada hari Sabat la masuk
ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Al kitab.
Lukas 4:31 Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat.
Lukas 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
Lukas 13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat.
Masih
banyak ayat-ayat lainn-ya dimana Yesus memelihara dan mengkuduskan hari
Sabat, tapi dari 7 (tujuh) ayat tadi saja, sudah lebih dari cukup
memberikan bukti-bukti kepada kita bahwa sesungguhnya menurut Alkitab,
hari yang diperintahkan untuk di ibadati, dipelihara, dan dikuduskan
adalah hari Sabat (Sabtu) bukan Minggu !!
Yesus tetap memelihara
dan mengkuduskan Sabat, sebab dia yakin bahwa apa yang Allah tetapkan
untuk berlaku kekal, tidak mungkin dibatalkan olehnya. Yesus sangat
yakin dengan janji Allah bagi yang memelihara hari Sabat.
Mari kita renungkan janji Allah bagi yang memelihara dan mengkuduskan hari Sabat.
"Apabila
engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu
pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat "hari
kenikmatan", dan hari kudus Tuhan "hari yang mulia”; apabila engkau
menghormatinya dengan tidak menjalankan segala acaramu dan dengan tidak
mengurus urusanmu atau berkata omong kosong, maka engkau akan
bersenang-senang karena Tuhan, dan Aku akan membuat engkau melintasi
puncak bukit-bukit di bumi dengan kendaraan kemenangan; Aku akan memberi
makan engkau dari milik pusaka Yakub, bapa leluhurmu, sebab mulut
Tuhan-lah yang mengatakannya. " (Yesaya 58:13-14)
Bukankah
ayat-ayat tersebut memberikan bukti bahwa sesungguhnya tidak ada satu
perintah di dalam Alkitab masuk gereja hari Minggu atau mengkuduskan
hari Minggu. Bahkan seumur hidup Yesus hanya beribadah pada hari Sabat
(Sabtu) bukan Minggu. Ternyata hari Minggu dikuduskan karena menurut
pendapat pemuka agamanya hari itu Yesus bangkit dari kuburnya
Jawab :* Lukas 4:16LAI TB, Ia
datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada
hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari
Alkitab. KJV, And he came to
Nazareth, where he had been brought up: and, as his custom was, he went
into the synagogue on the sabbath day, and stood up for to read. Stephanus Textus Receptus (TR), και
ηλθεν εις την ναζαρετ ου ην τεθραμμενος και εισηλθεν κατα το ειωθος
αυτω εν τη ημερα των σαββατων εις την συναγωγην και ανεστη αναγνωναιTranslit. interlinear, kai
{dan} êlthen {Dia datang} eis {kedalam} tên nazaret {Nazaret} hou
{dimana} ên {Dia adalah} tethrammenos {sudah diberi makan (dibesarkan)}
kai {dan} eisêlthen {Dia pergi} kata {menurut} to eiôthos {kebiasaan}
autô {-Nya} en {pada} tê hêmera {hari} tôn sabbatôn {sabat} eis
{kedalam} tên sunagôgên {sinagoga} kai {dan} anestê {Dia bangkit}
anagnônai {untuk membaca}Kata "kebiasaan" diterjemahkan oleh Lembaga Alkitab Indonesia dari kata Yunani εθô - ethô atau ειωθα-eiôtha, ayat di atas menulis ειωθος - eiôthos sesuai dengan kaidah tata bahasa Yunani yaitu ditulis dalam bentuk verb - second perfect active passive - accusative singular neuter . Kata yang sama juga digunakan dalam ayat ini: * Markus 10:1LAI TB, Dari
situ Yesus berangkat ke daerah Yudea dan ke daerah seberang sungai
Yordan dan di situpun orang banyak datang mengerumuni Dia; dan seperti
biasa Ia mengajar mereka pula. KJV, And
he arose from thence, and cometh into the coasts of Judaea by the
farther side of Jordan: and the people resort unto him again; and, as he
was wont, he taught them again. TR, κακειθεν
αναστας ερχεται εις τα ορια της ιουδαιας δια του περαν του ιορδανου και
συμπορευονται παλιν οχλοι προς αυτον και ως ειωθει παλιν εδιδασκεν
αυτουςTranslit., kakeithen
anastas erkhetai eis ta horia tês ioudaias dia tou peran tou iordanou
kai sumporeuontai palin okhloi pros auton kai hôs eiôthei palin edidasken autousKata yang sama εθô - ethô juga digunakan di sini, ditulis ειωθει - eiôthei sesuai dengan kaidah tata bahasa Yunani ditulis dalam bentuk verb - pluperfect active indicative - third person singular . Kalangan
Yahudi Orthodoks, dalam The Orthodox Jewish Brit Chadasha (Perjanjian
Baru Yudaisme Ortodoks) baik Lukas 4:16 maupun Markus 10:1,
menerjemahkan kata 'ethô' dengan kata Ibrani מנהג - MINHAG, "kebiasaan",
sesuatu yang lazim dilakukan seperti halnya "kebiasaan" Yesus Kristus
ke Yerusalem pada hari raya, "kebiasaan" Yesus Kristus berdoa di bukit
Zaitun, "kebiasaan" orang Yahudi membubuhi mayat dengan rempah-rempah. Kebiasaan
bukanlah kewajiban atau keharusan. Kebiasaan adalah sesuatu yang biasa
-- tetapi tidak wajib -- dikerjakan, suatu pola untuk melakukan
tanggapan terhadap situasi tertentu dan yang dilakukannya secara
berulang untuk hal yang sama. Kebiasaan saya adalah minum kopi di
pagi hari, apakah saya diharuskan atau wajib minum kopi tiap pagi?
Masyarakat dewasa ini sudah "biasa" menggunakan hand-phone, apakah
mereka diwajibkan mempunyai hand-phone? * Matius 27:15 LAI TB, Telah
menjadi kebiasaan bagi wali negeri untuk membebaskan satu orang hukuman
pada tiap-tiap hari raya itu atas pilihan orang banyak.KJV, Now at that feast the governor was wont to release unto the people a prisoner, whom they would. TR, κατα δε εορτην ειωθει ο ηγεμων απολυειν ενα τω οχλω δεσμιον ον ηθελονTranslit., kata de heortên eiôthei ho hêgemôn apoluein hena tô ochlô desmion hon êthelonApakah "diharuskan" bagi wali negeri membebaskan orang hukuman? Maka,
Yesus Kristus sudah "biasa" beribadah ke sinagoga, demikian pula orang
Kristen sudah "biasa" beribadah di gereja. Berhubung orang Yahudi
beribadah pada hari Sabtu, maka Yesus Kristus pun beribadah pada hari
itu. Jika seandainya mereka beribadah pada hari Jumat, Yesus Kristus pun
beribadah pula pada hari Jumat. Yang ditekankan bukan "hari" tetapi
"pergi ke rumah ibadah". Kebiasaan bukanlah keharusan atau
kewajiban. Kebiasaan Yesus Kristus adalah "masuk ke rumah ibadat",
penekanannya bukan pada hari Sabtu tetapi "masuk ke rumah ibadat",
"mengajar", "menyembuhkan sakit-penyakit", dan lain-lain. * Matius 4:23 Yesuspun
berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat
dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit
dan kelemahan di antara bangsa itu.
* Matius 9:35 Demikianlah
Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah
ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala
penyakit dan kelemahan.
* Markus 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.Apakah
Yesus Kristus hanya mengajar pada hari Sabtu saja? Ternyata tidak, Dia
mengajar "tiap-tiap hari". Kebiasaan Yesus Kristus tidak terletak pada
hari, tetapi pada tindakan-Nya yaitu mengajar, dan Yesus Kristus
senantiasa mengajar tiap-tiap hari. * Matius 26:55 Pada
saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: "Sangkamu Aku ini penyamun,
maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku?
Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku."
* Markus 14:49 Padahal tiap-tiap hari
Aku ada di tengah-tengah kamu mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak
menangkap Aku. Tetapi haruslah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci.
* Lukas 19:47 Tiap-tiap hari
Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat
serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk
membinasakan Dia,Berhubung kalangan Advent berasal
dari kalangan yang "menyucikan" hari Sabtu, maka tentu saja mereka
menekankan "pada hari Sabat", padahal yang penting dalam Lukas 4:16
adalah "masuk ke rumah ibadat". Jika seandainya Yesus Kristus
hidup sebagai manusia di abad ini, maka Yesus akan "masuk" ke Masjid
pada hari Jumat, ke Gereja pada hari Minggu serta ke Gereja Advent dan
sinagoga Yahudi pada hari Sabtu karena kebiasaan-Nya adalah beribadah.
Yesus Kristus masuk ke rumah ibadah bukan saja pada hari Sabtu. Tuduhan :
Quote:
Sekarang bagaimana dengan hari Minggu? Apakah ada perintah atau jaminan berkat bagi mereka yang mengkuduskan hari Minggu?
Allah tidak berhenti bekerja pada hari Minggu.
Allah dan juga Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
Tidak ada hukum yang menyuruh memelihara hari Minggu.
Yesus tidak pernah memberkati hari Minggu.
Hari Minggu tidak pernah dikuduskan oleh Allah maupun Yesus.
Tidak ada pelanggaran hukum jika bekerja pada hari Minggu.
Tidak ada satu ayatpun dalam Alkitab yang melarang bekerja pada hari Minggu.
Tidak ada berkat yang dijanjikan bagi mereka yang memelihara hari Minggu.
Hari Minggu tidak pernah disebutkan dalam Alkitab sebagai hari ibadah bagi umat Kristiani.
Tidak pernah hari Minggu disebut sebagai hari perhentian.
Yesus tidak pernah menyinggung tentang hari Minggu.
Kata
"Hari Minggu" bahkan tidak pernah muncul dalam Alkitab, kecuali disebut
"pekan pertama minggu itu", tapi bukan "Hari Minggu" dan hanya sekali
disebutkan yaitu pada Kis 20:7, itupun hanya pertemuan dimalam hari,
yaitu Sabtu malam.
Para nabi dan orang terdahulu tidak pernah memelihara hari Minggu.
Tidak ada ayat dalam Alkitab tentang perobahan Sabat jadi hari Minggu.
Tidak pernah Tuhan maupun Yesus berfirman bahwa ada dua hari Sabat yang dikuduskan dalam seminggu, yaitu hari Sabtu dan Minggu.
Tidak ada satupun perintah di dalam Alkitab yang menyuruh merayakan "hari kebangkitan" Yesus sebagai pengganti hari Sabat.
Tidak pernah Tuhan berfirman bahwa "hari kebangkitan" Yesus harus dikuduskan seperti hari Sabat.
Seumur hidupnya, Yesus hanya beribadah pada hari Sabat
Tidak ada seorang nabipun di dalam Alkitab yang pernah menvuruh mengkuduskan hari Minggu.
Seumur hidupnya, tidak sekalipun keluar dari mulut atau bibir Yesus tentang hari Minggu dan lain-lain.
Berdasarkan
20 alasan tersebut, maka dapatlah dipastikan bahwa sesungguhnya tidak
ada satu dalilpun dalam Alkitab untuk mengkuduskan hari Minggu! Ternyata
hari Minggu hanyalah hari yang diperintahkan oleh pengemuka agama
Kristen hanya karena dianggap penting karena Yesus bangkit pada hari
Minggu. Padahal tidak ada satu dalilpun didalam Alkitab itu yang
menyuruh mengkuduskan hari Minggu dan tidak ada janji Allah atau berkat
yang Allah janjikan bagi mereka yang memelihara dan yang mengkuduskan
hari Minggu, tidak ada!! Justru yang ada ialah ancaman Allah bagi mereka
yang tidak memelihara dan yang tidak mengkuduskan hari Sabat (Sabtu).
Terkadang
ada sebagian umat Kristiani yang mengatakan, jika Sabat harus
dikuduskan, kenapa umat Islam tidak turut mengkuduskan hari Sabat?
Jawabannya
tentu karena kami umat Islam punya hari tersendiri sebagai hari yang
diperintahkan untuk beribadah pada hari tersebut. Dan hal itu ada
dalilnya dalam Al Qur'an, yaitu pada Qs 62 Al Jumu`ah ayat 9 :
Yaa
ayyuhal ladziina aamanuu idzaa nuudiya lish shalaati miy yaumil
jumu’ati fas’au ilaa dzikrillaahi wa dzarul bai’a dzaalikum khirul lakum
in kuntum ta`lamuun
"Hai orang-orang yang beriman, apabila
diseru untuk shalat pada hari Jum’at, maka hendaklah kamu bersegera
untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Demikianlah yang
lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui."
Hari Sabtu atau Sabat ada dalil di Alkitab. Hari Jum'at ada dalil dalam Al Qur`an. Hari Minggu, mana dalilnya?
Jawab :Dasar umat Kristiani beribadah pada hari minggu (hari pertama dalam minggu/pekan) : * Kisah Para Rasul 20:7, LAI TB, Pada
hari pertama dalam minggu itu, ketika kami berkumpul untuk
memecah-mecahkan roti, Paulus berbicara dengan saudara-saudara di situ,
karena ia bermaksud untuk berangkat pada keesokan harinya.Terjemahan Lama, Maka
pada hari jang pertama didalam minggu itu tatkala kami berhimpun
memetjahkan roti, bertuturlah Paulus dengan mereka itu sebab maksudnja
hendak berlajar pada keesokan harinja sambil melandjutkan utjapannja
sehingga sampai tengah malam.KJV, And
upon the first day of the week, when the disciples came together to
break bread, Paul preached unto them, ready to depart on the morrow; and
continued his speech until midnight. The Orthodox Jewish Brit Chadasha, "And on Yom Rishon, when we met for a firen tish, Rav Sha'ul was giving a shiur to them, since he would have to depart in the boker and was having to extend the message until chatzot halailah." TR, εν
δε τη μια των σαββατων συνηγμενων των μαθητων του κλασαι αρτον ο παυλος
διελεγετο αυτοις μελλων εξιεναι τη επαυριον παρετεινεν τε τον λογον
μεχρι μεσονυκτιουTranslit. interlinear, en
{pada} de {dan} tê mia {pertama} tôn sabbatôn {pekan/week} sunêgmenôn
{datang bersama-sama} tôn mathêtôn {murid-murid} tou klasai
{memecah-mecah} arton {roti} ho paulos {paulus} dielegeto {berdialog}
autois {dengan mereka} mellôn {siap} exienai {berangkat} tê epaurion
{hari berikutnya} pareteinen {melanjutkan} te ton logon {perkataan}
mekhri {hingga} mesonuktiou {tengah malam}Hari Minggu (Lord's day) berasal dari bahasa Latin dies dominica: "hari Tuhan". Dalam bahasa Yunani "kureakê hêmera"
(Wahyu 1:10). Hari Minggu ialah hari pertama pekan, hari yang menyusul
hari Sabat. Pada hari itu diperingati kebangkitan Yesus serta
penampakan-penampakan-Nya kepada para pengikut-Nya selama santapan
bersama. * Markus 16:2 LAI TB, Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.Terdjemahan Lama, Maka waktu dini hari, pada hari jang pertama didalam minggu itu, datanglah mereka itu kekubur, ketika matahari terbit.KJV, And very early in the morning the first day of the week, they came unto the sepulchre at the rising of the sun. The Orthodox Jewish Brit Chadasha, And at Shachrit on Yom Rishon, the first day of the shavu'a, the shemesh just coming up, they come to the kever.TR, και λιαν πρωι της μιας σαββατων ερχονται επι το μνημειον ανατειλαντος του ηλιουTranslit. interlinear, kai
{dan} lian {sangat} prôi {pagi} tês mias {pertama} sabbatôn {pekan/
week} erchontai {mereka datang} epi {ke} to mnêmeion {kuburan}
anateilantos {terbit} tou hêliou {matahari}Ibadah Kristen pada hakikatnya adalah "anamnêsis" ( peringatan)
tentang peristiwa Paskah yang menyatakan kemenangan maksud karya Allah
yang menyelamatkan. Karena itulah berlaku sukacita dan pujian. Hari
pertama ini juga cocok sebagai peringatan hari pertama dalam penciptaan
ketika Allah menciptakan terang, dan kenyataan bahwa hari Pentakosta
Kristen jatuh pada hari Minggu. Selanjutnya mungkin sudah menjadi
pengharapan bagi orang Kristen mula-mula, bahwa kedatangan kembali Yesus
akan terjadi pada hari-Nya sendiri. Bukti tertua berkaitan dengan perayaan hari pertama dalam setiap minggu oleh orang Kristen, terdapat dalam ayat berikut: * 1 Korintus 16:2, LAI TB, Pada
hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing -
sesuai dengan apa yang kamu peroleh - menyisihkan sesuatu dan
menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan,
kalau aku datang.Terdjemahan Lama, Pada
tiap-tiap hari Ahad, hendaklah kamu masing-masing menjimpankan uang
didalam persimpanannja sendiri atas kadarnja, supaja djangan pada masa
aku datang, baharu hendak dikumpulkan.KJV, Upon
the first day of the week let every one of you lay by him in store, as
God hath prospered him, that there be no gatherings when I come. The Orthodox Jewish Brit Chadasha, Every Yom Rishon of each week, each of you by himself make something farnumen, storing up according to his hakhnasah, so that collections need not be made when I come.TR, κατα μιαν σαββατων εκαστος υμων παρ εαυτω τιθετω θησαυριζων ο τι αν ευοδωται ινα μη οταν ελθω τοτε λογιαι γινωνταιTranslit. interlinear, kata
{pada} mian {pertama} sabbatôn {pekan/ week} hekastos {setiap orang}
humôn {dari kamu} par {dari} eautô {dia sendiri} tithetô {menyimpan}
thêsaurizôn {dalam perbendaharaan} ho ti an {seperti} euodôtai
{perolehan} hina {supaya} mê {tidak} hotan {pada waktu} elthô {aku
datang} tote {pada waktu itu} logiai {pengumpulan} ginôntai {ada}Kisah
Para Rasul 20:7 di atas lebih khusus dan barangkali menunjukkan
kelanjutan penggunaan kalender orang Yahudi oleh orang Kristen, di mana
hari Tuhan dimulai pada hari Sabtu petang ketika matahari terbenam.
Kesediaan non-Yahudi untuk menerima perhitungan orang Yahudi ini sebagai
bukti kuat bahwa hari itu dirayakan. Ibadah Umat Kristiani melanjutkan hal-hal yang sudah dilakukan jemaat Kristus mula-mula ini yang pada hakikatnya adalah "anamnêsis"
(peringatan) tentang peristiwa Paskah yang menyatakan kemenangan maksud
karya Allah yang menyelamatkan. Karena itulah berlaku sukacita dan
pujian. Hari pertama ini juga cocok sebagai peringatan hari pertama
dalam penciptaan ketika Allah menciptakan terang, dan kenyataan bahwa hari Pentakosta Kristen
jatuh pada hari Minggu. Selanjutnya mungkin sudah menjadi pengharapan
bagi orang Kristen mula-mula, bahwa kedatangan kembali Yesus akan
terjadi pada hari-Nya sendiri, yaitu hari Minggu. Blessings in Christ, BP May 4, 2007 Artikel terkait : - IBADAH PADA HARI MINGGU, di sabat-vt311.html#p664- HARI KEBANGKITAN KRISTUS - IBADAH HARI MINGGU, di sabat-vt311.html#p660- Sabat, di sabat-vt311.html#p658- HARI RAYA PENTAKOSTA /KHAG SYAVU'OT, di hari-hari-raya-dalam-alkitab-vt219.html#p460- HARI TUHAN – HARI MINGGU - KURIAKE HEMERA hari-tuhan-hari-minggu-kuriake-hemera-vt564.html#p1116
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar